9 Platform Media Sosial yang Tidak Terkenal di Dunia

Berita Indonesia Terkini
3 min readOct 5, 2023

Sosial media adalah platform digital yang memfasilitasi penggunanya untuk saling berinteraksi atau membagikan konten berupa tulisan, foto, video, dan lainnya. Sosial media juga merupakan sebuah sarana untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara daring yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Selain platform media sosial besar yang sudah dikenal secara luas seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn, ada banyak platform media sosial yang mungkin kurang terkenal namun menarik bagi sekelompok pengguna yang lebih kecil atau memiliki fokus khusus.

Berikut adalah beberapa contoh platform media sosial yang mungkin kurang terkenal:

  1. Astodon: Mastodon adalah jaringan sosial terdesentralisasi yang mirip dengan Twitter. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat instance (komunitas) mereka sendiri dan berinteraksi dengan pengguna dari instance lain.
  2. Ello: Ello adalah platform media sosial yang berfokus pada seni, kreativitas, dan privasi. Itu dikenal karena tidak memiliki iklan dan mempromosikan penggunaan yang lebih etis dari data pengguna.
  3. Vero: Vero adalah platform berbagi gambar dan video yang menekankan privasi dan pengalaman tanpa iklan. Ini mendapatkan popularitas sebagai alternatif untuk Instagram.
  4. Minds: Minds adalah platform media sosial yang mengklaim untuk menghormati privasi pengguna dan menggabungkan model token kripto untuk memberi penghargaan kepada pengguna yang berkontribusi.
  5. Diaspora: Diaspora adalah jaringan sosial terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna untuk memiliki lebih banyak kendali atas data pribadi mereka dan menjaga privasi.
  6. Mewe: Mewe adalah platform media sosial yang mengutamakan privasi dan memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga tanpa iklan atau pelacakan.
  7. Gab: Gab adalah platform media sosial yang mengklaim mendukung kebebasan berbicara dan sering digunakan oleh pengguna yang cenderung konservatif atau libertarian.
  8. Steemit: Steemit adalah platform media sosial yang memungkinkan pengguna untuk memposting konten dan diberi imbalan dalam bentuk cryptocurrency (STEEM) berdasarkan jumlah suara dan komentar yang mereka terima.
  9. Blind: Blind adalah platform media sosial yang dirancang khusus untuk karyawan perusahaan teknologi. Ini memungkinkan pengguna untuk berbicara tentang pengalaman kerja mereka secara anonim.

Semua platform ini memiliki karakteristik dan tujuan yang berbeda-beda. Penggunaan platform media sosial yang kurang terkenal sering kali tergantung pada preferensi individu dan kebutuhan komunikasi atau jejaring sosial mereka.

Sosial media juga memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan komunikasi. Sosial media dapat membantu orang untuk tetap terhubung dengan teman, keluarga, dan orang lain.
  • Berbagi informasi. Sosial media dapat menjadi sarana untuk berbagi informasi dan pengetahuan.
  • Berbagi pengalaman. Sosial media dapat menjadi sarana untuk berbagi pengalaman dan cerita.
  • Mencari komunitas. Sosial media dapat menjadi sarana untuk menemukan komunitas yang memiliki minat yang sama.

Namun, sosial media juga memiliki beberapa risiko, antara lain:

  • Kecanduan. Penggunaan sosial media yang berlebihan dapat menyebabkan kecanduan.
  • Bullying. Sosial media dapat menjadi sarana untuk melakukan bullying.
  • Hoax. Sosial media dapat menjadi sarana untuk menyebarkan hoax.
  • Privasi. Pengguna perlu berhati-hati dalam membagikan informasi pribadi di sosial media.

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sosial media secara bijak dan bertanggung jawab. Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan sosial media secara bijak dan bertanggung jawab:

  1. Batasi waktu Anda menggunakan sosial media.
  2. Gunakan sosial media untuk hal-hal yang positif, seperti terhubung dengan teman dan keluarga, berbagi informasi yang bermanfaat, dan membangun komunitas.
  3. Hindari membandingkan diri Anda dengan orang lain di sosial media.
  4. Berhati-hati dalam membagikan informasi pribadi di sosial media.

Jika Anda merasa terganggu dengan sosial media, istirahatlah sejenak atau bahkan berhenti menggunakannya. Ingat, sosial media hanyalah alat. Jadi hanya Anda yang bisa memutuskan bagaimana Anda dalam menggunakannya.

--

--

Berita Indonesia Terkini

Berita Terkini secara aktif menyajikan liputan dan pemberitaan mengenai dunia teknologi, mulai dari Nasional / Internasional hingga bisnis masyarakan kekinian.