13 Cara Alami untuk Menurunkan Gula Darah Cepat

Berita Indonesia Terkini
2 min readDec 12, 2023

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan, seperti penyakit jantung, stroke, kebutaan, dan gagal ginjal.

Ada beberapa cara alami yang dapat membantu menurunkan gula darah secara cepat. Cara-cara ini dapat dilakukan sebagai tambahan pengobatan medis, atau sebagai alternatif pengobatan medis, tergantung pada kondisi masing-masing orang.

Berikut adalah beberapa informasi tentang gaya hidup sampai makanan penurun gula darah cepat yang bisa Anda ikuti saat ini juga.

Berolahraga

Berolahraga secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan gula darah. Olahraga membantu tubuh menggunakan insulin secara lebih efektif, sehingga gula darah dapat masuk ke dalam sel-sel tubuh.

Olahraga yang disarankan untuk menurunkan gula darah adalah olahraga aerobik, seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau berenang. Olahraga aerobik dapat dilakukan selama 30 menit, setidaknya 5 hari dalam seminggu.

makanan penurun gula darah cepat

Batasi asupan karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Namun, karbohidrat juga dapat meningkatkan kadar gula darah. Oleh karena itu, penting untuk membatasi asupan karbohidrat, terutama karbohidrat olahan.

Karbohidrat olahan adalah karbohidrat yang telah diproses dan kehilangan sebagian nutrisinya. Karbohidrat olahan yang perlu dibatasi antara lain nasi putih, pasta, roti putih, dan gula.

Konsumsi lebih banyak serat

Serat dapat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi lebih banyak serat, terutama serat larut.

Serat larut dapat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Pastikan untuk mengonsumsi setidaknya 25–38 gram serat setiap hari.

Konsumsi makanan yang mengandung kromium

Kromium adalah mineral yang membantu tubuh menggunakan insulin secara lebih efektif. Makanan yang mengandung kromium antara lain jamur, biji-bijian utuh, dan daging merah.

Konsumsi makanan yang mengandung magnesium

Magnesium adalah mineral yang penting untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan gula darah. Makanan yang mengandung magnesium antara lain sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh.

Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan membantu ginjal membuang gula darah yang berlebih. Pastikan untuk minum air putih sebanyak 8–10 gelas setiap hari.

Kelola stres

Stres dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik. Beberapa cara untuk mengelola stres antara lain meditasi, yoga, dan latihan pernapasan.

Cara-cara alami di atas dapat membantu menurunkan gula darah secara cepat. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan perubahan pola makan atau gaya hidup. Hal ini untuk memastikan bahwa cara-cara tersebut aman dan sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing orang.

--

--

Berita Indonesia Terkini

Berita Terkini secara aktif menyajikan liputan dan pemberitaan mengenai dunia teknologi, mulai dari Nasional / Internasional hingga bisnis masyarakan kekinian.